Ketua MA Resmikan New Command Center dan 5 Inovasi Aplikasi PTA Bengkulu

Posted in Berita Badilag

Hits: 242Posted in Berita Badilag

1
Jakarta | badilag.mahkamahagung.go.id

Pada hari ulang tahunnya yang ke 25, Pengadilan Tinggi Agama Bengkulu meresmikan New Command Center dan 5 Inovasi Aplikasi. Peresmian ini dilakukan secara daring oleh Ketua Mahkamah Agung (MA) Dr. M. Syarifuddin, SH., MH, Senin (14/12), di Command Center MA.

M. Syarifuddin yang didampingi Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Non Yudisial, Ketua Kamar Agama dan Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama merangkap Plt Sekretaris, meresmikan New Command Center dan 5 Inovasi Aplikasi yang merupakan karya Aparatur Peradilan Tinggi Agama Bengkulu.

Acara peresmian dengan tema "PTA Bengkulu Menuju Optimalisasi Peradilan Modern Berbasis Teknologi Informasi Untuk Peningkatan Pelayanan Publik Yang Cerdas, Ikhlas, Dan Berintegritas"  ini juga diikuti oleh Ketua Pengadilan Tinggi Agama seluruh Indonesia dan Mahkamah Syariah Aceh secara daring, Gubernur Provinsi Bengkulu dan Forum Komuniksi Pimpinan Daerah Provinsi Bengkulu serta Ketua Pengadilan Agama Sewilayah Pengadilan Tinggi Agama Bengkulu yang hadir secara langsung.
WhatsApp Image 2020-12-15 at 10.21.14
Dalam sambutannya, M. Syarifuddin mengatakan, pemanfaatan teknologi informasi adalah keniscayaan yang tidak bisa dielakkan. Karena itu patut disyukuri, bahwa Mahkamah Agung telah menggagas langkah-langkah transformasi digital sejak jauh hari melalui modernisasi peradilan sampai dengan penerapan e-court dan e-litigation.

Meski awalnya tidak dirancang untuk merespons situasi pandemi dan keadaan luar biasa semacamnya, namun semata-mata sebagai implementasi modernisasi lembaga peradilan yang diamanatkan oleh Cetak Biru Pembaruan Peradilan 2010-2035, Visi Mahkamah Agung yang dirumuskan sepuluh tahun lalu itu, kini telah terbukti memberi manfaat yang amat besar bagi lembaga peradilan dalam mengantisipasi masa-masa krisis seperti sekarang ini.
M. Syarifuddin menjelaskan, Pengadilan Tinggi Agama Bengkulu sebagai salah satu vorpoost Mahkamah Agung di wilayahnya, perlu memperhatikan dan meningkatkan tugas penting pengadilan tingkat banding dalam melakukan pengawasan dan pembinaan terhadap para hakim dan aparatur peradilan di daerah. "Oleh karena itu, melalui New Command Center yang hari ini diresmikan, saya berharap tugas pokok Pengadilan Tinggi Agama Bengkulu sebagai salah satu kawal depan Mahkamah Agung di wilayah Provinsi Bengkulu dapat terlaksana secara maksimal," katanya.

Dalam kesempatan ini M. Syarifuddin mengutarakan kepada para hakim dan segenap aparatur peradilan di daerah, agar selalu bekerja dengan cerdas, ikhlas dan berintegritas, sebagaimana tersurat dalam tema peringatan ulang tahun Pengadilan Tinggi Agama Bengkulu kali ini. "Kerja cerdas menuntut kita untuk selalu belajar, meningkatkan pengetahuan dan profesionalisme, sehingga setiap putusan yang kita buat senantiasa lahir dari basis intelektual yang dapat dipertanggungjawabkan. Adapun bekerja ikhlas bermakna agar kita berbuat dan melayani dengan semangat tanpa pamrih, " ujarnya.
Sementara itu Ketua Pengadilan Tinggi Agama Bengkulu Drs. H. R. M. Zaini, S.H., M.H.I. dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran Yang Mulia Ketua Mahkamah Agung RI dan seluruh tamu undangan baik secara daring ataupun yang hadir langsung. Beliau menyampaikan bahwa 5 Inovasi Aplikasi yang diresmikan ini merupakan terobosan murni Aparatur Peradilan Tinggi Agama Bengkulu yang akan mempermudah dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi. (PTA Bengkulu/RA)


Prosedur Berperkara



Prosedur Permohonan Informasi

Tata Cara Permohonan Informasi


Secara umum tatacara memperoleh layanan informasi adalah sebagai berikut 
a. Prosedur Biasa; dan 
b. Prosedur Khusus. 
a. Permohonan disampaikan secara tidak langsung, baik melalui surat atau media elektronik; 
b. Informasi yang diminta bervolume besar; 
c. Informasi yang diminta belum tersedia; atau 
d. Informasi yang diminta adalah informasi yang tidak secara tegas termasuk dalam kategori informasi yang harus diumumkan atau informasi yang harus tersedia setiap saat dan dapat diakses publik

Baca Selengkapnya

Pengaduan

Syarat Dan Tata Cara Pengaduan


Syarat dan tata cara pengaduan mengacu pada Lampiran Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI No. 076/KMA/SK/VI/2009 tanggal 4 Juni 2009 tentang Pedoman Pelaksanaan Penanganan Pengaduan di Lingkungan Lembaga Peradilan.
Baca Selengkapnya