Hits: 14039Posted in Layanan Informasi

-
Syarat dan Prosedur Pengajuan
-
Pemohon berhak mengajukan keberatan dalam hal ditemukannya alasan sebagai berikut:
-
Adanya penolakan atas permohonan informasi;
-
Tidak disediakannya informasi yang wajib diumumkan secara berkala;
-
Tidak ditanggapinya permohonan informasi;
-
Permohonan ditanggapi tidak sebagaimana yang diminta;
-
Tidak dipenuhinya permohonan informasi;
-
Pengenaan biaya yang tidak wajar; dan/atau
-
Penyampaian informasi melebihi waktu yang diatur dalam Pedoman ini.
-
Keberatan ditujukan kepada Atasan PPID melalui Petugas Informasi oleh Pemohon atau kuasanya.
-
Registrasi
-
Petugas informasi wajib memberikan formulir keberatan kepada pemohon untuk diisi dan membantu pengisiannya jika diperlukan (Format Formulir Keberatan dalam Lampiran IX).
-
Petugas Informasi langsung memberikan salinan formulir keberatan sebagai tanda terima pengajuan keberatan.
-
Petugas Informasi wajib mencatat pengajuan keberatan dalam register Keberatan (Format Register Keberatan dalam Lampiran X) dan meneruskannya kepada atasan PPID dengan tembusan kepada PPID dalam waktu selambatlambatnya 2 (dua) hari kerja sejak permohonan diajukan.
-
Tanggapan Atas Keberatan
-
Atasan PPID wajib memberikan tanggapan dalam bentuk keputusan tertulis yang disampaikan kepada Petugas PPID dengan tembusan kepada PPID selambat-lambatnya dalam waktu 20 (dua puluh) hari sejak dicatatnya pengajuan keberatan tersebut dalam register keberatan.
-
Keputusan tertulis sebagaimana dimaksud sekurang-kurangnya memuat :
-
Tanggal pembuatan surat tanggapan atas keberatan;
-
Nomor surat tanggapan atas keberatan;
-
Tanggapan/jawaban tertulis atasan PPID atas keberatan yang diajukan yang berisi salah satu atau beberapa hal sebagai berikut :
-
Petugas Informasi menyampaikan atau mengirimkan keputusan Atasan PPID kepada Pemohon atau kuasanya selambat-lambatnya dalam waktu 2 (dua) hari kerja sejak menerima tanggapan dari Atasan PPID dan ditembuskan ke PPID serta Biro Hukum dan Hubungan Masyarakat Mahkamah Agung.
-
Mendukung sikap atau putusan PPID disertai alasan dan pertimbanganyang jelas;
-
Membatalkan putusan PPID dan/atau memerintahkan PPID untuk memberikan sebagian atau seluruh informasi yang diminta kepada Pemohon dalam jangka waktu tertentu selambat-lambat 14 (empat belas) hari kerja;
-
Memerintahkan PPID untuk menjalankan kewajibannya dalam memberikan pelayanan informasi sesuai dengan Undang-undang dan peraturan yang berlaku dalam jangka waktu tertentu selambat-lambat 14 (empat belas) hari kerja;
-
Menetapkan biaya yang wajar yang dapat dikenakan kepada pemohon informasi (Format Surat Tanggapan Atas Keberatan dalam Lampiran XI).
-
Pemohon yang mengajukan keberatan yang tidak puas dengan keputusan atasan PPID berhak mengajukan permohonan penyelesaian sengketa Informasi kepada Komisi Informasi selambat-lambatnya 14 (empat belas) hari kerja sejak diterimanya keputusan atasan PPID.