MEDIASI AKIBAT PERCERAIAN BERHASIL

in Berita
21. 09. 09
Hits: 92

Mediasi merupakan cara penyelesaian sengketa secara damai yang tepat, efektif, dan dapat membuka akses yang lebih luas kepada para pihak untuk memperoleh penyelesaian yang memuaskan serta berkeadilan. Perdamaian merupakan cara terbaik dalam menyelesaikan persengketaan di antara pihak berperkara.
Rabu, 8 September 2021, Mediasi kembali berhasil di Pengadilan Agama Masamba. Dengan difasilitasi oleh Hakim Mediator Pengadilan Agama Masamba, Laila Syahidan, S.Ag., M.H,.pihak berpekara dalam perkara  Cerai Gugat Nomor: 369/Pdt.G/2021/PA.Msb berhasil mencapai kesepakatan dalam penyelesaian pembagian harta bersama bila nantinya pengadilan mengabulkan gugatan perceraiannya.
  Mediasi diluar dari pokok perkara sebagaimana dalam surat gugatan Penggugat dibolehkan berdasarkan  ketentuan Pasal 25 Perma Nomor 1 Tahun 2016. Hal ini sesuai dengan tujuan mediasi yaitu menyelesaian sengketa melalui proses perundingan untuk memperoleh kesepakatan di antara para pihak dengan dibantu oleh Mediator.
Meskipun keduanya tetap melanjutkan perkara perceraiannya namun mengenai konsekwensi hukum akibat perceraian terutama mengenai pembagian harta bersama yang sering menjadi sengketa berkepanjangan pasca perceraian bisa didamaikan di meja perundingan dengan dibantu oleh mediator ibu Laila Syahidan yang juga selaku Ketua Pengadilan Agama Masamba.
 
Atas kesepakatan yang telah dicapai tersebut kemudian dituangkan dalam kesepakatan perdamaian yang ditandatangani kedua belah pihak berperkara dan mediator. Selanjutnya akan dimuat dalam putusan pengadilan.